Science Fiction

Udah lama juga kali ya kaga bikin postingan buat page sharing-sharing. Kebetulan lagi kejebak hujan, ga bawa jas hujan, jadinya terdampar disebuah minimarket yang belakangnya ada embel-embel point, gue mau cerita-cerita dikit disini ya. Oiya ini bukan cerpen atau cerbung, ini postingan dengan niat sharing. Cuma sharing doang ya, ga ada niat menggurui kok. Lagian ilmu gue masih dikit, tapi pengen berbagi dikit, boleh kan ya.

Sekarang kita bahas genre aja lah ya, tapi bahas genrenya yang masih belum umum di dunia fanfiction jkt wkwkwk. Jadi genre apa? Hmmm…. Science Fiction atau Fiksi Ilmiah yang biasa disingkat sci-fi. Kenapa bahas Sci-fi? Karna gue suka Sci-fi, hahahaha, bukan itu alasan aslinya tapi itu termasuk salah satu alasan juga, LOL.

Kenapa gue bahas genre sci-fi, karena setahu gue masih jarang yang buat fanfict JKT48, bertema sci-fi. Fanfict JKT48 rata-rata penuh dengan cerita genre romance, yang genre thrille, horror, fantasy juga masih jarang sih. Tapi disini kita sharing tentang sci-fi dulu aja ok.

Sci-fi itu adalah sebuah genre fiksi yang berhubungan dengan tekonologi, science dan mungkin akan terjadi dimasa depans, sebenarnya masih sulit dijelaskan secara rinci, karna terdiri dari banyak sekali sub genrenya. Paling engga, genre yang satu ini memiliki ciri, seperti berhubungan dengan teknologi, masa depan, apa yang akan terjadi dimasa depan, dan tentunya selain fiksi, dilandasi dengan science juga.

Bedakan antara sci-fi dan fantasy ok. Kalau fantasy lebih ke berbau sihir, elf, dwarf, dll. Sedangkan sci-fi lebih berbau teknologi. Contoh mudahnya, mungkin kalau difilm itu, ya Star Wars, The Hunger Games, dll. Udah ada gambaran dikit lah ya apa itu Sci-fi.

Diatas gue kan sebutin, Sci-fi itu banyak banget sub genrenya. Nah sekarang kita bahas sebagian, ok. Ada tiga genre sci-fi yang paling populer atau paling terkenal, yaitu hard sci-fi, soft sci-fi, dan terakhir space opera sci-fi. Ketiga sub-genre itu adalah yang paling populer.

Hard sci-fi, cerita dalam subgenre ini menceritakan teknologi dalam sudut pandang yang keras bahkan ekstrem. Bahkan cenderung jahat. Teknologinya diceritakan dengan sangat rinci dengan mesin-mesin imaginasi. Hard sci-fi yang dimaksud disini adalah ilmu alam atau ilmu-ilmu seperti fisika, matematika, atau juga ilmu yang relatif baru seperti sebernetika dan robotika. Kalau kalian pernah main game seperti Doom atau half alive. Kurang lebih seperti itulah ceritanya.

Soft sci-fi, cerita jenis ini tidak terlalu banyak menggunakan hal-hal berbau teknologi secara detil. Hanya sambil lalu. Sekedar menjadi latar cerita. Hampir mirip dengan hard sci-fi, tapi relatif lebih ringan, sesuai namanya.

Space opera sci-fi, cerita yang terjadi di luar kehidupan biasanya, di tempat lain (planet lain/galaksi lain), lengkap dengan lingkungan seperti asalnya. Yang ditonjolkan dalam sub genre ini adalah kehidupan masyarakatnya, bukan perjalanan luar angkasanya.

Ya kurang lebih ketiga sub-genre itu adalah yang paling populer digunakan. Selain dari ketiga sub genre diatas. Sci-fi juga masih punya beberapa sub-genre lain, seperti:
  • Aliens, fiksi sains yang mengulas makhluk dari luar angkasa atau planet lain.
  • Kloning: Fiksi sains yang ceritanya tentang rekayasa genetika, biasanya diisi dengan konsekuensi moralnya.
  • Cyberpunk: Cyberpunk adalah genre sub-fiksi ilmiah, terkenal karena fokusnya pada “teknologi tinggi dan masyarakat kelas rendah”. Berhubungan dengan fitur teknologi canggih seperti komputer atau teknologi informasi yang digabungkan dengan beberapa derajat kerusakan pada tatanan sosial.
  • Distopia: Cerita fiksi sains yang pesimistis, ketakutan, dan kecemasan yang berlebihan menghadapi kemajuan ilmu dan teknologi yang menakjubkan karena ilmu dan teknologi tersebut dianggapnya sebagai sumber bencana kemanusiaan di masa depan.
  • Manusia Super: Cerita yang mengisahkan manusia super, yaitu orang dengan kekuatan super yang memiliki kekuatan atau kemampuan lebih dibanding manusia lainnya,
  • Teologi: Fiksi Ilmiah tentang agama.
  • Time Travel: Setiap kisah yang menampilkan mesin waktu atau perjalanan ke masa lalu atau masa depan.
  • Utopia: Fiksi sains yang menggambarkan sebuah masa depan yang ideal.
Sebenarnya, sub-genre Sci-fi itu masih banyak lagi seperti Dying Earth, Singularity, Robot/Android, Slipstream yang percampuran fiksi ilmiah dan fantasy. Pokoknya masih banyak lagi.

Meski banyak macamnya, tapi hubungan antara sub-genre itu nampak cair. Jadi tidak jarang dari satu cerita kita bisa menemukan beberapa sub-genre.

Kali aja ada setelah baca postingan ini ada yang minat bikin cerita dengan genre Sci-fi wkwkwk. Ah iya, udah dulu ok sharingnya, next time mungkin kita bahas genre lain atau hal lain lagi.

Thankyou yang udah baca, yang mau sharing juga dikolom komentar boleh kok, atau mau kirim postingan tentang sharing-sharing didunia tulis menulis juga bisa. Tinggal kirim ke email: karyaotakgue@gmail.com

Sekali lagi thankyou. Bye~ :3
Previous
Next Post »

Tolong gunakanlah bahasa yang baik, sopan, no 18+ :v dan jangan spam di sini. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih untuk komentarnya :v