Tokoh dan Karakter

Yuhuuu! Halo gais! Ketemu lagi sama gue nih wkwkwk. Ga enak nih kalo ga pake nama panggilan. Gini aja, kalian bisa panggil gue MinRain atau MinRez. Kenapa? Ya suka-suka gue lah hahaha. Oke sekarang kita masuk ke tahap berikutnnya dalam membuat persiapan dan rancangan desain menulis. Kita masuk ke bagian ‘Tokoh dan Karakter’ nih gais. Ada yang tahu tokoh dan karakter itu apa? Mari kita bahas dengan seksama! 

Tokoh, bisa dibilang secara singkat adalah orang yang berperan dalam sebuah cerita. Selain itu, ada juga yang menyebut seorang ‘pelaku’ dalam sebuah cerita. Kalian pasti pernah baca komik, cerpen, cerbung, novel, atau pun nonton film kan? Pasti tokoh itu punya nama, sifat, kelebihan, kekurangan, karakteristik, bio (asal-usul) dan lain-lain kan? Nah, yang namanya tokoh itu gak bisa lepas dari kararakter. Entah itu karakternya baik, jahat, atau apa pun. Di sini gue akan membahas yang lebih ke sifat dan fisik ya gais. Karena setahu gue, tokoh dan karakter itu mempunya bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar bisa juga disebut fisik dan bagian dalam bisa disebut juga kepribadian, sifat, dan psikologis.

Tokoh dan karakter itu sangat penting loh dalam sebuah cerita. Kalau gak ada, berarti ceritamya gak bakalan bisa jalan. Nah, menurut kalian, caranya menentukan tok    dalam sebuah cerita itu gimana sih? Main asal kasih nama aja gitu? Sekenanya kalian dengan plot dan alur cerita dan jadinya tokoh dan karakter tidak sesuai yang diharapkan? Maka dari itu, kita harus terlebih dahulu membuat desain dari tokoh yang akan kita buat. Oh iya, jangan lupa juga untuk membuat ‘bank tokoh dan karakter’ seperti ‘bank ide’ yang kemarin ya wkwkwk. 

Tapi saran gue, sebaiknya jangan meentukan tokoh yang pasaran ya gais. Harus punya ciri khas tersendiri dan kalo bisa dibuat unique. Misalnya aja, anak kutu buku itu gak selalu digambarkan dengan pakai kacamata, culun, pake bajunya sealu rapi, selalu taat pada peraturna sekolah. Kalau bisa, buatlah sesuatu yang unik, misanya anak kutu buku itu digambarkan dengan sifat pendiam dan cool, misterius, suka pake hoddie, selalu pake earphone yang nyetel playlist lagu-lagu cadas dan rock. Nah, sekiranya begitu, bisa dibayangin sendiri kan? Itu hal pertama, yaitu Cuma tinggal ngebayangin aja mau seperti apa.

Hal kedua yang gue lakuin itu mungkin nentuin nama dan karakternya itu dari temen-temen, keluarga, atau pun kenalan gue. Bisa dibilang, cara ini paling mudah karena kalian pasti sudah tau watak-watak dan juga seperti apa kepribadian orang-orang terdekat kalian. Kalo gue sih, mungkin ingat-ingat temen-temen SD, SMP, dan juga SMA. Nah, dari tiga kehidupan sekolah formal yang gue jalani itu, gue bisa tahu banykan hal dengan bersosialisasi. Jadi, jangan antisocmed ya teman-teman. Selain itu, gue juga dapat gelar S3. Bukan Strata 3 loh, tapi ya... itu. SD, SMP, dan SMA wkwkwk.

Oh iya, selain itu, tokoh dan karakter itu harus ngepas sama umur ya. Masa masih SMA umurnya udah 60 tahun ke atas? Lah, gak nyambung banget dong ya hehe. Jadi, semuanya harus sikron terlebih dahulu. Eits! Belum selesai nih gais. Gue punya cara dan metode ketiga kalau dua metode di atas itu gak bisa diandalkan, kalian bisa menentukan tokoh dengan observasi orang-rang yang klian kagumi atau pun idola kalian!

Caranya sih hampir seperti metode yang pertama. Gak jauh dari kata membayangkan, berimajinasi, berhalusinasi, dan berdelusi wkwkwk. Misal aja nih, kalian itu ngefans sama JKT48. Tahu kan? Masa gak tahu satu-satunya idol grup di Indonesia dan idol grup di luar Jepang sekaligus sister grupnya AKB48 di Jepang? *sorry, MinRain jadi berlebihan. Bukan wota atau apa lah itu. Cuman baca-baca di artikel kok, suer. Mungkin gue lebih tertarik sama membernya yang pada cantik-cantik wkwkwk.

Jadi gini, setau MinRain, JKT48 itu punya theater di daerah Senayan, Jakarta. Tepatnya di daerah Mall F(X) Sudirman lantai 4. Di theater, mereka di sana menjalankan industri musik dengan konsep ‘idol grup yang bisa ditemui setiap hari’ dan juga motto ‘tumbuh dan berkembang bersama fans’. Dari situ, mereka mendirikan theater untuk menghibur fans. Dengan kata lain, karena seringnya fans bertemu dengan member setiap hari, jadi fans bisa melihat perkembang member dari mulai akting, menyanyi, dance, vokal, dan kebersamaan fans dengan member.

Observasinya yaitu kalian bisa mengamati idola kalian dengan jarak sedekat itu. Denger-denger, JKT48 itu sering mengadakan konser setiap ada launching dari single terbarunya. Nah, setelah konser, mereka ada event Handshake Festival. Setahu gue, event HSF ini diadakan untuk mempererat hubungan antara fans dan juga oshinya (member yang disukai). Event ini adalah berjabat tangan selama 10 detik setiap satu tiket yang dibeli oleh fans. Jadi, kalian bisa berinteraksi langsung dengan idola kalian sambil jabat tangan. Wah, seru yah kayaknya? Nah, dari situ kalian bisa mengobservasi langsung kepriadian idola kalian hehe.
  1. Namanya siapa ?
  2. Umurnya berapa ?
  3. Kelebihannya apa ?
  4. Kekurangannya apa ?
  5. Benda atau makanan kesukaannya apa ?
  6. Benda atau makanan yang dibenci apa ?
  7. Hobi atau kegemarannya apa ?
  8. Suka warna apa ?
  9. Sifat dan karakternya gimana ?
  10. Rumah atau tempat tinggalnya di mana ?   
Nah, sekiranya ini malah cukup komplit dalam membuat desain tokoh dan karakter kalian. Jadi bukan hanya membayangkan, tapi juga kalian paham dan mengerti karakternya itu seperti apa kayak kalian mengenal orang-orang terdekat kalian gais. 

Yaps! Jadi itulah hal-hal yang gue lakuin dalam mendesain tokoh dan karakter yang bakal berperan dalam sebuah karya gue.  Gue tegaskan lagi kalau gue nggak ada maksud untuk menggurui atau sok tahu. Di sini gue juga masih author newbie, jadi kita berlajar bareng hehe. Udah dulu ya, segitu dulu aja dari gue. Mungkin kalian punya cara yang berbeda? Kasih tau dong! Yuk! Berbagi ­tips menulis!
Previous
Next Post »

Tolong gunakanlah bahasa yang baik, sopan, no 18+ :v dan jangan spam di sini. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih untuk komentarnya :v