Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Hai sobat !! Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan Kelebihan dan Kekurang Root Android. Bagi sobat pengguna smartphone, terutama pengguna Android pasti tidak asing lagi dengan kata 'root' kan ? Bagi sobat yang belum tahu apa itu root Android. Root Android adalah membuka akses tertinggi pada Android sehingga pengguna lebih leluasa dalam mengotak-atik HP nya sesuai selera hatinya.


Oke, sekarang kita lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan nge-root Android. Langsung aja simak penjelasan berikut ini.

KELEBIHAN:
  • Custom ROM - Custom ROM ini berarti sobat bisa mengganti firmware HP sobat sesuai selera. Jadi sobat bisa memasukkan firmware dari jenis HP lain pada HP milik sobat. Misalnya kita bosan dengan tampilan Asus, kita bisa Custom ROM aja menjadi Samsung supaya lebih bergaya.
  • Kinerja menjadi lebih ringan - Karena memiliki hak akses penuh pada Android, sobat bisa meningkatkan peforma RAM menjadi lebih baik sehingga kenerja menjadi lebih ringan.
  • Dapat menjalankan aplikasi lebih banyak - Maksudnya, tidak semua aplikasi bisa dijalankan akibat tidak sesuai dengan jenis ponsel. Dengan nge-root Android, sobat bisa menikmati aplikasi yang tadinya tidak sesuai dengan jenis ponsel milik sobat.
  • Bisa menghapus aplikasi bawaan - Fungsi lain nge-root Android salah satunya adalah sobat bisa menghapus aplikasi bawan atau bloatware yang jarang dipakai. Dengan demikian, HP sobat terbebas dari aplikasi yang tidak begitu penting.
  • Baterai menjadi lebih hemat - Sobat bisa memaksimalkan kinerja baterai degan melakukan kalibrasi baterai pada HP yang sudah di-root dengan melakukan setting tertentu. Sobat juga bisa menggunakan aplikasi Battery Calibration.

KEKURANGAN:
  • Garansi tidak berlaku lagi - Dengan melakukan root, produsen Android tidak akan bertanggung jawab lagi pada kerusakan dan sistem error pada Android yang sudah di-root. Untuk mengembalikan garansi, sobat bisa melakukan unroot pada Android.
  • Mudah terserang malware - Karena root bisa menurunkan keamanan pada Android, sehingga malware lebih rentan menyerang HP sobat. Setelah HP sobat di-root, sobat harus lebih hati-hati dalam merawat keadan HP milik sobat. Sobat bisa mendownload aplikasi terpercaya untuk mengantisipasi serangan malware yang nantinya merugikan Android milik sobat.
  • Gagal root - Setiap melakukan root tidak semuanya berjalan lancar sesuai harapan sobat. Kegagalan setelah melakukan root menimbulkan beberapa masalah seperti kerusakan padasistem dan bootloop. Sebaiknya jika sobat ingin malakukan root pada Android milik sobat, sobat harus dibantu oleh orang yang sudah berpengalaman dalam melakukan root.
  • Update menjadi terganggu - Root juga mengakibatkan hilangnya update Over The Air atau OTA. Akibatnya, sobat harus mengupdate secara manual untuk memperbarui sistem operasi HP miliksobat.

Sekian informasi yang bisa saya bagikan pada kesemapatan kali ini. Semoga sobat bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan smartphone Android milik sobat. Sampai jumpa lagi pada kesempatan lain dengan informasi yang lebih menarik dan ikuti terus update dari Maos4Fun (^_^)
Previous
Next Post »

Tolong gunakanlah bahasa yang baik, sopan, no 18+ :v dan jangan spam di sini. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih untuk komentarnya :v