Pengertian Bagian-Bagian Komputer




Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam. Disini saya akan membahas tentang bagian-bagian komputer dengan selengkapnya :

Motherboard/Main Board
Motherboard merupakan papan sirkuit utama tampat meletakkan berbagai komponen penting. Seperti processor, VGA, Ram, sound card, dan lain-lain. Mother board dilengkapi dengan slot tambahan sebagai tempat sejumlah card atau adapter untuk lebih meningkatkan kemampuan kinerja computer

Main Memory
Mein memory merupakan tempat penyimpanan data internal kumputer. Dalam hal ini yang disimpan memory dapat berupa data atau program. Main memory dibagi menjadi 2 :
a)     Ram (Random Access Memory)
Ram merupakan memori utama yang berfungsi sebagai alatpenyimpanan sementara pada komputer. Isi dari RAM berupa informasi selama komputer diaktifkan. Jika daya yang digunakan mati, maka informasi yang terdapat didalamnya akan hilang.
b)     ROM (Read Only Memory)
Rom merupakan penyimpanan yang haya dapat dibaca. ROM berisi
System operasi yang dibutuhkan oleh komputer. Rom bersifat nonvolatif sehingga meskipun listrik dimaytikan data tidak akan hilang.

Processor
Nama lain dari processor adalan CPU (Central Processing Unit). CPU merupakan bagian fungsional yang utama dari sebuah system komputer. Dapat dikatakan jika CPU adalah otak dari sebuah komputer. CPU memiliki beberapa komponen penyusun, yaitu sebagai berikut :
a)   CU (Control Unit), memiliki tugas menatur dan mengendalikan alat-alat input dan output, mengambil instruksi-instruksi dari main memory, menyimoan hasil proses ke main memory.
b)   ALU (Arithmetic Logic Unit), berfungsi untuk melakukan semua penghitungan aritmetika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU dibagi menjadi empat, yaitu decimal arithmetic, fixed point arithmetic, floating point arithmetic, dan logical operation
c)    Register,merupakan media penyimpanan kecil yang mempunyai akses kecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi-instruksi sementara yang selanjutnya untuk diproses.
d)  Interkoneksi CPU, merupakan system koneksi yang menghubungkan antara komponen-komponen mikroprosesor, seperti ALU, Unit Kontrol, Register, dan Koneksi eksternal ke memori utama, unit input dan output, serta media penyimpanan.


Sound Card
Sound card merupakan perangkat yang memproses data suara yang masuk ataupun keluar dari komputer. Sound card biasanya disertakan langsung pada mainboard. Namun, apabila mainboard kita belum terdapat fasilitas ini mkita perlu menambahkan soundcard eksternal pada slot yang tersedia dalam mainboard

VGA Card    
VGA card atau biasa disebut graphic card merupakan perangkat yang sigunakan untuk mengatur tampilan grafis (gambar) pada monitor. VGA memiliki kapasitas memori tersendiri yang akan berpengaruh pada tampilan. Semakin besar kapasitas memori, maka kualitas gambar akan semakin bagus, negitu juga sebaliknya. Terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer.

Power Supply
Power supply merupakan alat yang berguna memberikan sumber daya listrik ke segala komponen-komponen yang terdapat dalam mainboard, hardisk, CD-ROM, dan floppy disk. Jenis power supply ada dua macam, yaitu AT dan ATX. Perbedaannya terdapat pada saat melakukan Shutdown. Pada power supply ATX ketika melakukan shutdown, maka komputer secara otomatis akan mati dengan sendirinya. Adapun pada power supplu AT harus menggunakan tombol power ON/OFF yang terletak pada CPU.

Perangkat penyimpanan
a)Removable disk : merupakan jenis media penyimpanan data yang bias dipindah-pindah. Contohnya :
1)   Floppy Disk, dalam Bahasa Indonesia disebut Disket. Media penyimpanan ini berbentuk persegi dengan kapasitas penyimpanan 1,44 MB
2)    CDR (Compact Disc Recorder), media penyimpanan ini berbentuk seperti ,yaitu 600 MB
3)    Flash Disk, berbentuk kecil dan ramping. Kapasitasnya mulai dari 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 18GB, 32GB, 64GB

b) Non-Removable Disk : merupakan jenis media penyimpanan data yang tidak bisa dipindahkan dengan mudah. Contohnya :
1)    Hardisk : hardisk dapat dibedakan menjadi 3, yaitu IDE (Intergrated Drive Electronics), SCSI (Small Computer System Interface), dan yang terbaru SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Ketiga hardisk tersebut dapat dibedakan berdasarkan pin data yang ada, yaitu IDE memiliki 40 pin, SCSI memiliki 50 pin, SATA memiliki 7 pin.
2)    HDD : HDD singkatan dari Hard Disk Drive. HDD sendiri adalah perangkat yang sering digunakan untuk media penyimpanan Non-removable pada komputer. Sering digunakan karena harganya yang relative terjangkau.
3)    SSD : SSD singkatan dari Solid State Drive. SSD memiliki kecepatan penyimpanan yang paling cepat diantara semua Hardisk. SSD masih tergolong jarang yang menggunakannya karena harganya yang sangat mahal.



Previous
Next Post »

Tolong gunakanlah bahasa yang baik, sopan, no 18+ :v dan jangan spam di sini. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih untuk komentarnya :v